Paket Lengkap KKN (Kuliah Kerja Nyata) – Part 3

Gambar

Oke lanjut posting tentang KKN 🙂 

KKN, selain passion untuk belajar bersama, saling mengispirasi dan menebar empati dari dan kepada masyarakat, masih banyak manfaat yang diperoleh dari KKN ini. Secara langsung, mahasiswa dituntut untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinannya. Mahasiswa yang tergabung dalam tim KKN (minimal 20 orang, maksimal 30 orang satu tim) harus menunjuk anggotanya untuk menjadi Kormanit (koordinator mahasiswa unit/ ketua tim KKN), kormasit (koordinator mahasiswa sub-unit/ ketua pelaksana dalam sub unit) dan kormater (koordinator mahasiswa klaster/ ketua masing-masing klaster –ada soshum, saintek, agro dan kesehatan) serta jabatan lain secara umum (sekertaris, bendahara, humas dll). Dan jabatan-jabatan ini tentu saja bukan jabatan biasa seperti pada event-event insidental yang diselenggarakan organisasi kampus. Tanggung jawab moral dan sosial mereka jauh jauh jauh lebih besar, karena mereka bertanggung jawab penuh atas persiapan dan sekaligus pelaksanaan program community empowerment kelompok KKN nya. Selain itu, peserta KKN lain yang tidak menjabat pun (seperti saya, yang hanya menjadi kormanut haha) memiliki tanggung jawab yang tidak lebih kecil dari mereka yang akan menentukan keberhasilan sebuah program di masyarakat. Image dan kehormatan almamater pun dipertaruhkan dalam penyelenggaraan sebuah program, dan oleh karenanya saya berani menyimpulkan bahwa KKN merupakan sebuah paket komplit antara kepedulian-tanggung jawab-kreativitas yang melebur dalam semangat persaudaraan dan pengabdian pada masyarakat.

Selain mampu menumbuhkan jiwa kepemimpinan mahasiswanya, paket lengkap KKN ini juga membuat dan ‘memaksa’ mahasiswa menjadi jauh jauh jauh lebih kreatif. Mereka dituntut untuk membuat program di tempat KKN nya, yang pastinya memakan dana yang tidak sedikit. Selain kocar-kacir mencari dana dari sponsor, pemda dan instansi terkait lainnya, hampir semua kelompok KKN menghimpun dana secara mandiri. Jika anda orang Jogja, perhatikan saja fenomena di bulan Mei-Juni (khususnya di sekitaran UGM). Akan ada buanyaaak sekali mahasiswa berkeliaran untuk mencari uang di jalan-jalan, mulai dari jualan bebungaan, sepatu-sepatu, aneka macam makanan dan bahkan jual suara (baca:mengamen). Sungguh apapun dilakukan demi recehan. Salut haha

Setali tiga uang, begitu pula dengan kelompok KKN saya. Pengalaman berminggu-minggu berjualan roti, sepatu hingga sprei dan bed cover sudah kami alami. Dua hari kemarin, (selasa-rabo) waktu jadwal snmptn dan tes toefl, tim KKN kami juga langsung terjun untuk berjualan di spot-spot rame. Dari mulai bakpao, teh manis, sampe eskrim kami jual. Bukan itu saja, teman-teman juga berjualan jasa info kos dan jasa cari kos sampai dapet! Sampai segitunya? Oh tentu. Dan pengalaman-pengalaman itu tentu saja akan tidak mudah dialami oleh mahasiswa yang tidak mengikuti KKN hehehe..

Selain paket kreatif cari dana, KKN juga memberikan paket kreatif bikin program. Yak, mahasiswa dituntut untuk membuat program kerja yang harus dihadapkan dengan entitas yang sama sekali berbeda –yakni masyarakat awam- Jika biasanya mahasiswa hanya menjadi EO (Event organizer) untuk segementasi pasar kaum akadmisi saja, untuk KKN ini mahasiswa diwajibkan membuat program yang benar-benar menyentuh lapisan masyarakat yang paling bawah, dan yang pasti program tersebut harus bisa diterima dan bermanfaat bagi masyarakat. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri. Mahasiswa yang biasanya hanya berhadapan dengan komunitas intelektual harus dapat beradaptasi dengan masyarakat awam, berbaur dengan mereka, mendengarkan mereka, mengajari dan sekaligus belajar bersama mereka. Benar-benar paket lengkap.. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s