Kisah dari Pulau Seberang #4 : a Story to Remember

This slideshow requires JavaScript.

Haduh sadar banget gak pernah update cerita KKN lewat blog. Bukan apa-apa, tapi memang tidak sempat menulis dalam bahasa panjang lebar pengalaman dan pelajaran yang banyak di dapat disini. Oke, ini malam terakhir kami disini, dan rasanya : campur aduk. Kerinduan yang tak terperi dengan Jogja, kamar yang berantakan, adek-adek yang usil, rutinitas kampus, kemacetan Gejayan, dan yang paling tidak bisa ditahan : kerinduan dengan dua sosok manusia paling sabar sedunia : Bapak dan Ibuk. Di sisi lain, disini, keengganan beranjakpun menyelimuti. Ibu dan bapak Hasyim dan Hamsiah yang penyayang, cuaca yang menggigit, kamar mandi gelap, pemandangan alam yang luar biasa keren, bintang malam yang bertaburan, kakak-kakak yang ramah, anak-anak yang ngangenin. Sebuah potongan mozaik yang mengisi hati lagi. Selalu ada dua sisi dalam setiap kehidupan. Hitam dan putih, manis dan pahit, kehidupan dan kematian… dan setiap pertemuan, pasti ada perpisahan. Dan itu yang kadangkala menyakitkan, walaupun dengan kuasa apapun, tak akan pernah bisa dihindari.

Kedatangan kalian akan disambut dengan senyuman, dan kepulangan kalian akan dihujani tangisan. Itu kata-kata Pak Bambang yang sekarang aku pahami maksudnya. Lima minggu disini awalnya saya kira akan lebih dari cukup untuk menjadi jembatan pendewasaan diri, namun ternyata lima minggu bukanlah waktu yang cukup untuk memberi tautan dan melepaskannya lagi, saya terlanjur jatuh cinta disini. Dan tidak mudah untuk begitu saja pergi. Oke, ini terlalu melo. Tapi suasana disini walaupun –anjir, dingin banget- tapi selalu hangat oleh senyuman Ibu, ketangkasan Bapak, keramahan masyarakat, keramaian malam oleh para anak gaul, dan keriuhan bocah-bocah yang setiap pagi, siang dan malam bergantian datang ke pondokkan. Dan itu, mungkin tidak akan bisa didapat ketika nanti telah sampai Jogja. KKN, yang banyak orang disebut sebagai ‘liburan berlaporan’ rupanya telah membuat ruangan baru di hati saya. Saya tidak akan melupakan pengalaman dan pelajaran lima minggu disini. Insya Allah tidak akan pernah lupa. Karena seperti yang pernah dikatakan Joko Pinurbo : Jarak itu sebenarnya tak pernah ada. Pertemuan dan perpisahan dilahirkan oleh perasaan.

Sungguh, jika diberikan umur yang panjang dan kesempatan, ingin rasanya kembali lagi kesini. Walaupun terdengar agak nekat, tapi saya kira, tidak ada didunia ini yang tidak mungkin. Oke, ini kisah KKN saya, mungkin terlalu singkat, tapi telah berhasil membekas. It’s difficult to describe it in a words.

Yang pasti, saya bersyukur kini, anggota keluarga saya sudah bertambah.. di pulau ini.. pulau seberang “Sulawesi Selatan”

Advertisements

7 thoughts on “Kisah dari Pulau Seberang #4 : a Story to Remember

  1. kabarku baik dong.salaminnya besok aja di tempat kemping soalnya besok aku dan teman-teman kelas 6 & 5 mau pergi per-sa-mi.nanti aku kirimin ceritanya ya soalnya laptop ini akan saya bawa.oh ia kak,kerjaan kakak sekarang apa ?.bye bye ~

  2. sebenarnya bukan persami sih soalnya persami itukan hanya saptu n minggu aja kan.tapi ada pengumuman dari kakak pembina bahwa kegiatan persami dibatalkan.nah disitu kami semua terbelak kaget.salah satu teman sekelompokku mengatakan “apa ja”,disusul oleh teman2ku lainnya mengatakan “issengima”.buru2 kakak pembina yg perempuan mengatakan “bukan ! bukan begitu begini tidak jadi to mamang persami tapi labermalam ki semua disini bukanji saptu dan minggu tapi’ lamaki pahammaki semua”.kami semua pun mengatakan”oooo pakua anjo”.kakak yg tadi itu pun mengatakan “ia kelesss”. semua pun tertawa.sampai sini dulu ya soalnya mau pergi mengaji maLEM.bye bye.kak ainun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s