Rindu

Sudah hampir sampai akhir perjuangan berantem dengan tugas-tugas kuliah master dan setahun menderita bersama anak kesayangan (Tesis) sampai pada akhirnya masa-masa lelah berkepanjangan itu menemui titik nadirnya: Hari ini. Sudah beberapa hari, tanpa ada sebab yang jelas, air mata yang jarang datang itu tidak lagi bisa tertahan dari selaput prekornealnya. Mengalir deras tak tertampung lagi. Hanya ruang sholat perpustakaan dan mukena basah yang menjadi saksinya. Pikirku, ini adalah masa-masa terberat menanggung kerinduan dengan kampung halaman, dengan kedua orang tua dan kedua adik tercinta. Rindu dengan hangatnya sentuhan fisik dari mereka, rindu dengan berisiknya suara teriakan adik-adik yang telah beranjak ABG, rindu dengan nyaringnya panggilan adzan dari toa masjid di sebelah rumah, rindu dengan sejuknya udara subuh di kampung nan sepi. Rindu yang teramat dalam. Rasanya dada ini sesak oleh perasaan-perasaan menyiksa yang tak kunjung terlampiaskan.

Mereka bilang, jarak tidak pernah ada. Pertemuan dan perpisahan dilahirkan oleh perasaan. Tapi tidak bagiku. Jarak itu nyata. Senyata perasaan lelah menanti dan mengangan pertemuan yang entah kapan. Senyata kasih sayang yang tak kunjung tersalurkan melalui kecup dan pelukan. Jarak itu ada. Dan aku benci mengakui ini, bahwa aku (saat ini) ternyata kalah olehnya. (saat ini) Aku ternyata tidak sekuat yang aku pikir. Aku sedang lemah. Aku benar lelah.

Hanya doa dari mereka yang sedikit menenangkan. Kalaupun aku masih tegak sampai sekarang, itu karena harapan pertemuan itu tetap terus ada. Aku rindu rumah. Aku rindu pulang.

Bangkok, 19 Mei 2016

Anakmu yang tak akan pulang sebelum ujian,

2 thoughts on “Rindu

Leave a Reply

